"Welcome to Street_Art_Pantura"

Kamis, 08 September 2011

Tutorial Menggambar Kartun Manga dengan CorelDRAW

Setelah kemarin saya memberikan tutorial menggambar manga dengan cara manual/pensil langsung. Sekarang saya akan memberikan tutorial bagaimana menggambar manga dengan CorelDRAW. mengapa dengan corelDRAW? menurut saya setiap aplikasi gambar tu mempunyai kelebihan maupun kelemahan masing-masing. Gambar yang dihasilkan CorelDRAW akan terlihat rapi, tajam dan mudah di edit, karena aplikasi ini berbasis vektor, tetapi mungkin dalam pembuatannya akan lebih lama dibandingkan menggunakan aplikasi lain yang berbasisi Bitmap.

Oke langsung saja daripada lama-lama ngomongnya
Buka CorelDRAW sobat
Klik Menu Bar File>New (Ctrl+N)
Klik Bezier Tool pada Tool Box, tekan agak lama di tool box karena secara default Bezier tool tersembunyi oleh Freehand Tool.

Buat sebuah kurva tertutup (Closed Curve) seperti ini dengan cara mengklik/membuat beberapa Node hingga mempertemukan Node awal dan akhir.

Klik Shape Tool pada Tool Box, drag disekitar objek.

Setelah semua Node terseleksi Klik 'Convert Line to Curve' pada property bar supaya Line dan Node bisa di edit.

Mulailah menedit Node dengan Make a Node Cusp dan Make a Node Smooth saja.

Jika pengeditan dirasa sudah cukup, warnai objek dengan Fill pada Tool Box (F11). Atur warna sesuai keinginan sobat (Uniform Fill).

Selanjutnya kita menggambar mata, lihat gambar ada 5 objek pada mata.

Buatlah objek seperti ini. Kemudian edit seperti pada bagian sebelumnya dan beri warna hitam dan putih saja.

Atur pula penempatannya seperti alis diletakkan paling belakang dan cahaya paling depan dengan cara pilih objek kemudian klik Menu Bar Arrange>Order
beginilah bentuk mata yang sudah jadi:

Drag sekitar mata yang sudah jadi kemudian tekan Ctrl+G atau Group setelah semua bagian mata menjadi satu Group klik kanan dan drag ke sebelahnya. Lepaskan drag dan pilih Copy Here.

Pilih objek mata yang baru. Klik Mirror Horizontally pada property bar. Kini kita mempunyai 2 mata, edit sedikit mata yang baru tadi supaya lebih pas.
>>
Sekarang kita membuat mulut dengan cara klik Ellipse Tool pada Tool Box Klik+drag di tempat mulut akan dibuat

Setelah objek ellips tercipta. tekan Ctrl+Q atau Converse to Curve supaya Node tadi bisa di edit. Setelah objek selesai di edit, beri warna mulut dengan warna merah dengan uniform fill (F11).

Untuk membuat lidah sama dengan cara di atas yaitu membuat mulut.
>>
Setelah semua objek di muka komplit pilih semua dengan cara Drag di sekitar objek dengan Pick Tool kemudian tekan Ctrl+G atau Group.

Sekarang kita buatkan sedikit bayangan. Caranya sama seperti di atas. tempatkan bayangan diatas lapisan pertama dan di bawah muka.

Setelah itu buatlah sedikit Outline disekitar mata pipi dan telinga. juga buat 3 helai rambut yaitu dengan Bezier Tool lagi.

Setelah selesai Save atu Export.
Semoga tutorial kali ini bermanfaat
Salam Street_Art_Pantura

Sumber: cygnus-desaingrafis.blogspot.com

0 comments:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g:
:h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda