"Welcome to Street_Art_Pantura"

Minggu, 18 September 2011

Sulap Limbah Paralon Menjadi Karya Seni Berkualitas

Jika melihat sepintas, anda tidak akan percaya jika semua perlengkapan seperti vas bunga, tempat lampu, gelang, kalung, tempat minuman hingga furniture, ternyata dibuat limbah paralon yang biasanya dibuang begitu saja.

Di tangan Ilham Wirahadikusumah, warga jalan pesantren Nurul Huda No. 14 Kampung Cibalong, Cisaat Sukabumi, Jawa Barat, semua itu menjadi karya yang mampu memiliki nilai jual cukup tinggi dan mampu menyerap tenaga kerja. Dirumahnya ini, kemudian Ilham bersama karyawannya membuka galeri bernama Ilham Art sejak tahun 2004 lalu.

Ilham bahkan mampu membuat semua kerajinan berbagai jenis dari sisa limbah pipa paralon. Dengan citra seni dan konsep yang lumayan langka, Ilham membuat karya-karya paralon ini menjadi karya yang sama dengan bahan dasar seperti kayu dan bambu.

Ide awal membuat kerajinan paralon, bermula ketika Ilham yang iseng membuat handycraft memikirkan sebuah bahan yang ramah lingkungan dan bahannya mudah di dapat. Sementara bahan kayu atau bambu, dinilai Ilham mahal dan hanya merusak lingkungan dan khawatir terkena Illegal Logging. Berbekal pengalaman dibidang bahan dasar kerajinan, akhirnya ilham membakar pipa paralon sisa yang ada disekitar rumahnya dengan tujuan akan dilebur.

Namun setelah dipanaskan pada api tiba-tiba keluar tekstur paralon yang menyerupai kulit pohon dan kayu. Akhirnya timbul pemikiran untuk membuat kerajinan dari paralon sisa tersebut. "Awalnya sekedar coba-coba, dan ternyata pertemuan tidak sengaja ini menjadi bekal awal usaha ini", ujar Ilham Wirahadikusumah.

Cara pembuatan limbah ini cukup mudah, pipa paralon sisa biasanya diukur sesuai potongan yang dikehendaki, lalu paralon yang sudah dipotong dibakar pada suhu cukup tinggi. Biasanya pada proses pembakaran, tekstur paralon akan berubah sendirinya seperti kulit kayu.

Lalu paralon yang sudah dibakar dimasukkan ke dalam air sembil dibentuk sesuai dengan pola yang akan dibuat. Setelah dirasa cukup, paralon yang sudah membentuk kayu diberikan cat pernis agar hasilnya lebih mengkilap.

Saat ini karya-karya Ilham sudah dipasarkan ke banyak kota di tanah air hingga benua Eropa dan Australia. Bahkan dibeberapa pameran nasional karya-karya Ilham diakui seebagai karya yang unik dengan bahannya mudah didapat.

Biasanya untuk satu kerajinan Ilham menjual antara 3 ribu hingga puluhan juta rupioah. Dari ide yang unik ini, Ilham mampu merekrut tenaga kerja disekitar rumahnya hingga empat orang.

Semoga bermanfaat
Salam Street_Art_Pantura

Sumber: www.berita86.com

1 comments:

pag mengatakan...

Puzo’s Art Gallery (Kerajinan Paralon Bakar)
UNIK, LANGKA dan EKSKLUSIF. Dikatakan unik oleh karena berbeda dengan hasil kerajinan lain, langka oleh karena jarang keterdapatannya dan eksklusif oleh karena terlihat berkelas, namun harga sangat murah dan terjangkau.
Temukan kami di www.kataloghargakerajinanparalonbakar.blogspot.co.id
www.facebook.com/pujo.sunarsono
CP : PUJO SUNARSONO
HP : 081548196120 atau via WA
PIN BB : 2A19B0181

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g:
:h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda