"Welcome to Street_Art_Pantura"

Kamis, 08 September 2011

Membuat Logo 3D di Photoshop

Tutorial kali ini saya akan membahas bagaimana membuat logo 3D dari DigiArtBali. Untuk membuatnya sobat sekalian bisa menggunakan huruf-huruf (typhography). Caranya cukup mudah dan simpel. Silahkan ikuti kelanjutan dari tutorial ini..
Langsung saja sob biar gak kebanyakan omong.
Pertama buka adobe photoshop yang sobat miliki. Kalau belum punya download dulu software photoshopnya. Disini saya menggunakan Adobe photoshop cs3.
buka halaman baru (File -> New), kemudian pilih ukuran gambar yang sesuai dengan yang sobat inginkan. Oh ya sebelumnya berdo'a dulu sob.biar buat logonya lancar.. Amiiiin

Pilih Text tool (T), kemudian mulai ketikkan huruf yang pengen sobat rubah menjadi logo 3D. Atur ukuran dan warna sesuai dengan yang sobat inginkan. Disini saya menggunakan gambar (@) yang sebelumnya sudah saya edit di Corel X3.
Before->After->



Selanjutnya klik kanan pada layer text (T)(seperti gambar) kemudian klik Rezterize Type (untuk merubah mode text ke mode gambar). Kemudian saya ganti nama layer tadi dengan nama Logo. terserah sobat saja mau ngasih nama apa. Kemudian pilih Move Tool(tool paling atas pada sisi kiri photoshop).

Kemudian dengan move tool kita rubah kemiringan gambar yang sudah dimiliki (@) dengan menggeser kotak kecil pada tiap pojok gambar sambil menekan (Alt pada keyboard) pastikan sebelumnya (show transform control sudah dicentang).

Kemudian pilih lagi layer Logo, sambil menekan (Alt) tekan tombol bawah (tanda panah bawah pada keyboard) untuk menduplikasi layer logo. tekan beberapa kali sampai layer ter copy beberapa kali dan kelihatan memiliki ketebalan ke bawah. sehingga akan muncul Layer Logo Copy-Layer Logo Copy 10.

Selanjutnya pilih layer logo copy, dan tekan (Shift) dan tahan sambil pilih layer Logo copy 10 sehingga layer Logo copy 10 terpilih semua. Kemudian klik kanan pada salah satu layer yang sudah di blok, dan pilih Merge Layer (untuk menyatukan layer logo copy sampai layer logo copy 10 supaya menjadi di bawah layer logo).

Selanjutnya Pilih Burn Tool () kemudian rubah ukuran brush menjadi 250 (atur sesuai kebutuhan) dan pilih Range: highlights dan Exposure: 100%. Kemudian lakukan burning pada layer logo copy 10. Gunakan imajinasi anda untuk memilih bagian gelap terangnya dan menentukan dari arah mana datangnya cahaya, sehingga gelap terangnya. Untuk membuat bagian terangnya lakukan burning sambil menekan (Alt) pada keyboard. Lakukan juga burning pada layer logo, sesuai dengan imajinasi anda.


Dengan tambahan sedikit imajinasi sobat, sobat bisa mengembangkan teknik pencahayaan sesuai dengan yang anda inginkan. Sedikit sentuhan akhir, kita akan memberikan efek cahaya berkilau, pilih Filter - Render - Lens Flare. Letakkan kilauan cahaya sesuai dengan yang anda inginkan, pilih lens type 50-300mm atau anda bisa mencoba-coba pilihan yang lain. Lakukan teknik Lens Flare pada kedua Layer.

Sehingga hasil akhirnya kira-kira seperti dibawah ini:

Semoga tutorial ini berguna. walaupun hasilnya tidak benar-benar 3D tapi setidaknya Logo yang anda ciptakan bisa kelihatan lebih berdimensi. Dengan kreativitas yang anda miliki, trik-trik dasar diatas akan dapat sobat kembangkan menjadi lebih sempurna. dengan sering latihan.. segala sesuatu pasti bisa terjadi.

Salam Street_Art_Pantura

0 comments:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g:
:h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar anda